Sabtu, 07 Januari 2012

pilihan profesi

DBAs adalah salah satu profesi dibidang IT. Seorang Database Administrator adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap performance, integritas, dan keamanan dari database. Skill tambahan yang diperlukan untuk seorang Database Administrator adalah perencanaan, pembangunan (development), troubleshooting. Profesi ini juga dikenal sebagai koordinator Database atau Database Programmer.
Peran Database Adminitrator meningkat berdasarkan database dan proses yan dikelola dan kemampuan dari database management system (DBMS). Skill yang harus dimiliki seorang DBA :
  • Backup Recovery
  • Database Security
  • Availibilty Management
  • Database Performance Tuning
  • Integrity of Data
  • Developer Assistant

Database administrator atau biasa disingkat DBA adalah seseorang yang bertanggung jawab atas sebuah database. Dimana DBA memiliki tugas untuk mengelola, member akses bagi siapapun yang akan mengakses database, dll. Dengan kata lain, Database Administrator adalah admin database.

Setiap perusahaan memiliki database, dimana database merupakan salah satu hal yang demikian penting bagi perusahaan. Tetapi banyak perusahaan yang belum menyadari pentingnya pekerjaan seorang database administrator.
Sebuah database diartikan sebagai suatu kumpulan informasi yang berkaitan, diakses dan diatur oleh relational DBMS (database managemenet system). Informasi yang diolah merupakan informasi entitas yang dipresentasikan dalam bentuk tabel-tabel.

Tugas-tugas umum admin databae bias dijelaskan sebagai berikut :
-        -Merancang database, dimana DBA melakukan perencanaan struktur table database dan memperkirakan ukuran dan juga memperkirakan pertumbuhan database
-        -Implementasi dan maintenance database dimana DBA mulai mengimplementasikan perencanaannya dalam bentuk query ke dalam DBMS seperti oracle, SQL server, mysql, Foxpro,Dbase, Access,dll.
-        -Kemanan dibutuhkan agar tidak terjadi kehilangan data. Hal ini merupakan issue paling penting dalam sebuah perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles